Misnarni Syamsuar Dorong UMKM Inhil dan Inhu Bangkit di Masa pandemi

PEKANBARU - Ketua TP PKK Provinsi Riau, Hj Misnarni Syamsuar mendorong pelaku UMKM yang berada di Indragiri Hilir (Inhil) dan Indragiri Hulu (Inhu) tetap bangkit meski di masa Pandemi COVID-19.

Saat mengunjungi Gedung Dekranasda Kabupaten Indragiri Hilir yang berlokasi di Jalan M. Boya Kota Tembilahan, Sabtu, (17/7) Misnarni memberi motivasi agar pelaku usaha ekonomi kreatif dapat memanfaatkan teknologi informasi. Seperti Media Sosial dan penjualan online yang saat ini dapat diakses kapan dan dimanapun.

“Untuk motif batik sudah sangat bagus, apalagi ada khas corak kelapanya. Tinggal lebih ditingkatkan kembali promosi penjualannya” kata Misnarni.

Kemudian, saat mengunjungi ke Rumah Batik Omah Gedeg jalan Datuk Sarimin Kelurahan Skip Hulu, Kecamatan Rengat, Misnarni menyaksikan langsung pembuatan batik tulis menggunakan canting diatas kain. Motif batik khas Indragiri Hulu yang memiliki beragam motif yang sudah bersertifikat HAKI, salah satunya motif Seroja.

Selain Batik, IKM yang ada di Indragiri Hulu juga dibina melalui Program TUAH-IKM.  Program ini merupakan giat inovatif dari Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Indragiri Hulu.

TUAH-IKM secara solutif menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pelaku IKM, mulai dari Perijinan, Manajemen Keuangan, Bahan Baku, Kemasan, Perlindungan HAKI, Promosi dan Pemasaran terutama terhadap produk olahan pangan. Diantaranya, kue bawang, bolu berendam, dodol kedondong, madu alam inhu, serbuk jahe merah dan lainnya serta produk kerajinan seperti tanjak, piring lidi sawit, kaligrafi, rak dan pot bunga.

Ketua TP PKK Riau berpesan agar seluruh komponen PKK dapat bekerjasama dengan instansi terkait. Terutama dalam mempromosikan hasil usaha masyarakat.

"Kita harus berkolaborasi untuk bangkit di masa pandemi ini, Tidak bisa dilakukan secara sendiri, jadi harus kerjasama agar tercapai tujuan untuk mensejahterakan masyarakat," harap Misnarni lagi.(*)