Padamkan Karhutla di Rohil, BPBD Riau Turunkan 2 Helikopter Water Bombing

PEKANBARU - Untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Rohil, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menurunkan dua unit helikopter water bombing.

Kepala BPBD Provinsi Riau, M Edy Afrizal mengungkapkan kondisi terkini hotspot di Riau, terdapat 18 titik panas (Hotspot) tersebar di beberapa daerah.

18 hotspot tersebut berada di Bengkalis 1 titik, Kota Dumai 1 titik, Kabupaten Pelalawan 5 titik, Rohul 2 titik, Siak 5 titik, Inhil 2 titik, dan Inhu ada 2 titik.

"Tapi itu baru hotspot. Kalau yang firespot (titik api) terpantau di Kecamatan Bangko, Kabupaten Rohil. Kita sudah turunkan dua helikopter water bombing untuk pemadaman," katanya, Selasa (22/6/2021).

Selain pemadaman lewat udara, lanjut Edy Afrizal, tim gabungan Satgas Karhutla Darat yang meliputi TNI/Polri, BPBD dan Manggala Agni juga turun ke lapangan.

"Tim Satgas di lapangan bergerak cepat melakukan pemadaman, agar tidak meluas. Alhamdulillah kebakaran sudah dapat diatasi," katanya seperti dilansir cakaplah.(*)