Wawako Pekanbaru Ajak Semua Pihak Kolaborasi Dalam Penanggulangan HIV/AIDS


PEKANBARU -- Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru Ayat Cahyadi, mengajak semua pihak berkolaborasi dalam penanggulangan HIV/AIDS. Apalagi tahun ini pemerintah pusat mendorong upaya penanggulangan HIV/AIDS agar zero pada 2030.

"Ini tugas berat bagi pemerintah kota, namun ini sudah ditargetkan. Kita harus siap, kita harus berkolaborasi," ujarnya usai menghadiri Peringatan Hari AIDS Sedunia di Rutan Sialang Bungkuk, Selasa (1/12/2020).

Semua pihak bisa bekerjasama dalam upaya penggulangan kasus HIV/AIDS secara menyeluruh. Ia juga mengajak instansi terkait bisa memberi pencerahan kepada masyarakat.

Ayat mengajak masyarakat menjauhi potensi penularan HIV/AIDS. Apalagi penularan HIV/AIDS tidak cuma lewat hubungan seks beresiko.

Ada penularan lewat transfer darah dan penggunaan jarum suntik secara bergantian. "Mudah-mudahan dengan kita rutin memberi pencerahan, kasus HIV/AIDS bisa kita tekan," jelasnya.

Ayat juga mengingatkan masyarakat agar tidak diskriminasi kepada Orang Dengan HIV/AIDS. Mereka jangan sampai mendapat cap bersalah.

"Kita tidak boleh mengadili para ODHA, jangan diskriminasi mereka," paparnya.

Ayat mendorong masyarakat yang beresiko terinfeksi bisa melakukan tes VCT. Ia menyebut bahwa tes ini untum antisipasi dini penularan. (*)