Pemko Dumai Apel Bersama Kesiapsiagaan Karhutla 2023

DUMAI - Pemko Dumai menggelar apel bersama kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2023.

Apel kesiapsiagaan Karhutla Dumai yang melibatkan personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP, BPBD Dumai, Damkar, Manggala Agni ini dilaksanakan di Lapangan Taman Bukit Gelanggang, Kota Dumai, Selasa (14/2/2023).

Kapolres Dumai, AKBP Nurhadi Ismanto menyampaikan, apel ini dalam rangka mencegah terjadinya Karhutla.

Sebab berdasarkan prediksi pada tahun 2023 ini akan lebih sering terjadi musim kemarau yang dapat mengakibatkan kekeringan.

"Juga untuk mengecek kesiapan perlengkapan, peralatan dan personel, serta meningkatkan sinergitas antar tim Satgas di dumai untuk mencegah Karhutla. Dan apabila terjadi Karhutla, tim dapat bekerjasama dengan baik," kata Kapolres.

Kapolres menuturkan, pihaknya terus mengedepankan tindakan-tindakan pencegahan mulai dari edukasi ke masyarakat, patroli bersama dan juga imbauan-imbauan.

Ditambahkannya, sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi Karhutla, pihaknya telah melakukan briefing kepada seluruh pihak sampai ke pihak kelurahan.

"Selain itu, bersama Satgas pencegahan Karhutla, kita juga sudah buat imbauan agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar, lalu melakukan pemantauan di lapangan khususnya di lokasi rawan Karhutla," ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0320 Dumai, Letkol Arh Hermansyah Tarigan menambahkan, Februari 2023 diprediksi akan masuk musim panas. Langkah antisipasi harus dilakukan untuk mencegah terjadinya Karhutla di Kota Dumai.

"Pada bulan februari ini di kota dumai sudah ada indikasi dan potensi terjadinya kebakaran lahan. Melalui Apel ini kita harus siaga untuk mencegah Karhutla," harapnya.

Terakhir, Sekdako Dumai, H Indra Gunawan mengimbau masyarakat bekerjasama mencegah terjadinya Karhutla.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Mari bersama-sama mencegah Karhutla di kota dumai, dan jika melihat ada titik api, segera lapor ke instansi terkait agar kebakaran tidak meluas," pesan Sekda.

"Dan dengan adanya apel ini, nantinya seluruh personel gabungan pada waktu bertugas di lapangan bisa meningkatkan kerjasama dan sinergitas baik dalam rangka mencegah Karhutla maupun dalam penanganan Karhutla di dumai," pungkasnya.(hrc)

TERKAIT