Diskes Pekanbaru Usulkan Layanan Kanker Serviks di Mall Vaksinasi dan Imunisasi Riau

Kadiskes Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih.

PEKANBARU - Diskes Kota Pekanbaru mengusulkan pelayanan vaksin untuk pencegahan kanker serviks atau kanker rahim di Mall Vaksinasi dan Imunisasi Riau, Jalan Melur, Pekanbaru.

Kadiskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, layanan vaksinasi kanker serviks ini belum ada di Mall Vaksinasi dan Imunisasi tersebut. Untuk itu, pihaknya akan mengusulkan juga layanan vaksinasi pencegahan kanker serviks dibuka di Mall Vaksinasi dan Imunisasi tersebut.

"Kita memang ingin mengusulkan agar ada vaksin pencegahan kanker serviks di Mall Vaksinasi dan Imunisasi yang akan dibangun. Karena saat ini belum ada," ujar Zaini, Kamis (11/8/2022).

Menurutnya, vaksin kanker serviks ini merupakan upaya pencegahan terjadinya kanker di rahim, yang pencegahannya akan lebih efektif di usia produktif. Kanker serviks merupakan tumor ganas pada bagian paling bawah uterus yang disebabkan virus papilloma atau HPV.

"Maka vaksin ini untuk upaya pencegahan bagi perempuan-perempuan di usia produktif," jelasnya.

Ia mengatakan, Pemko Pekanbaru memang belum memfasilitasi pengadaan vaksin kanker serviks. Pasalnya, biaya vaksin ini cukup mahal dan selama ini masyarakat masih mengaksesnya melalui fasilitas kesehatan swasta.

"Biayanya mahal. vaksin itu bisa sampai Rp1 juta. Mudah-mudahan nanti bisa dialokasikan anggarannya, kita akan usulkan ke anggaran provinsi, karena kota ada keterbatasan," ungkapnya.

Untuk pencegahan kanker tersebut, kata Zaini, saat ini masyarakat bisa melakukan diagnosa dengan melakukan pemeriksaan IVA test. "Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan datang ke Puskesmas," pungkasnya.(hrc)

TERKAIT