Patroli Karhutla

Buka Lahan Dengan Cara Membakar, Berdampak Merusak Lingkungan Hidup

Buka Lahan Dengan Cara Membakar, Berdampak Merusak Lingkungan Hidup

Pekanbaru, Mimbarnegeri.com - Sosialisasi dan patroli mengajak masyarakat diwilayah teritorial Koramil 06/Sukajadi untuk ikut serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, salah satu menekan tidak membuka lahan dengan cara tidak dibakar, dampaknya akan merugikan lingkungan hidup.

Demikian dikatakan Babinsa Serda Asy'ari dan MPA saat melaksanakan Patroli dan Sosialisasi dengan menggunakan sepeda motor guna mencegah Karhutla diwilayah Jalan Garuda Sakti RT 02 RW 04 Kelurahan Binawidya dan Jalan Kabun RT 02 RW 03 Kelurahan Air Putih Kecamatan Tuah Madani, Selasa (14/9/2021).

Tujuan patroli terpadu ini adalah untuk mengantisipasi timbulnya bencana kebakaran hutan dan lahan. Karena saat ini iklim tidak menentu.

"Ancaman Karhutla tidak saja akibat ulah orang tak bertanggung jawab, tapi juga bisa disebabkan cuaca yang terlalu panas," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut tim terpadu juga memberikan sosialisasi dan mengimbau masyarakat yang membuka lahan untuk tidak menggunakan cara membakar.

"Kita juga ingatkan penyebab kebakaran hutan yang barangkali tidak disadari masyarakat. Seperti membuang puntung rokok sembarangan ataupun meninggalkan bekas pembakaran. Kita ingatkan untuk berhati-hati," ujarnya.

Kapten Arh Nirzam, S.Sos selaku Komandan Koramil 06/Sukajadi mengatakan tugas dan tanggungjawab setiap Babinsa adalah untuk memastikan agar wilayahnya aman dari Karhutla, dengan cara menyisir lahan-lahan yang dianggap rawan akan terjadinya karhutla. Lahan yang sudah mulai terlihat mengering dan sangat rawan akan terjadinya kebakaran harus terus dipantau.

Babinsa juga, selain melaksanakan patroli juga tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi dan imbauan kepada warga masyarakat, khususnya yang bermukim dekat lahan tersebut untuk turut menjaga dan mencegah agar tidak membakar lahan kosong dengan alasan apapun, apabila ditemukan tanda-tanda kebakaran segera melaporkan petugas terkait utamanya dengan Babinsa atau Bhabinkamtibmas yang ada di wilayahnya.

“Karena kerawanan yang tinggi, kita juga harus ekstra dalam melaksanakan patroli sehingga lahan kosong atau lahan yang sudah dibersihkan tersebut aman dari kebakaran, "tutup Danramil.