Gunakan Toa, Babinsa Koramil 06/Skj Laksanakan Imbauan Prokes Ditempat Keramaian

Guna memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), setiap hari dilaksanakan patroli gabungan antara Kodim 0301/PBR, Korem 031/WB dan BPBD Kota Pekanbaru.

Pekanbaru, Mimbarnegeri.com - Guna memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), setiap hari dilaksanakan patroli gabungan antara Kodim 0301/PBR, Korem 031/WB dan BPBD Kota Pekanbaru.

Untuk hari ini, Rabu (14/9/21) petugas gabungan melakukan patroli menyisir wilayah Kota Pekanbaru dan kali ini di tempat ramai, khususnya di Pasar Sail Indah, Jalan Hangtuah, berkeliling memantau pergerakan tiap pengunjung dan pedagang.

Dengan menggunakan toa, Serda Jhoni Djanan menjelaskan bahwa menerapkan 5 M (Memakai Masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas) merupakan langkah sederhana namun efektif dalam mencegah penularan COVID-19.

“Patuhi protokol kesehatan saat beraktivitas sehari-hari, agar terhindar dari resiko penularan COVID-19 yang dapat membahayakan kesehatan, bahkan mengakibatkan kematian,” tutur Jhoni.

Selanjutnya, Babinsa Kelurahan Sei Sibam juga menjelaskan komunikasi sosial memberikan edukasi tentang Vaksin Covid-19, khususnya soal manfaat vaksin dan program vaksinasi yang akan dilaksanakan diwilayah Kota Pekanbaru. Mereka berupaya mengajak warganya untuk dapat mengikuti Vaksinasi Covid-19 gratis.

"Vaksin ini tidak berbahaya dan aman bagi kita semua, dengan tidak adanya gejala atau efek samping yang terjadi setelah pelaksanaan vaksinasi,” ujar Babinsa.

Danramil 06/Sukajadi Kapten Arh Nirzam, S.Sos mengatakan kegiatan patroli ini dilakukan untuk memberikan arahan kepada masyarakat agar disiplin dan mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan covid-19 di wilayah kota Pekanbaru.

"Dalam pelaksanaan patroli gabungan tetap mengedepankan sikap yang humanis dan memberikan pesan kepada masyarakat bahwa di masa pandemi ini harus saling menjaga dan mengingatkan arti penting menjaga kesehatan selalu, baik bagi diri sendiri maupun orang lain," kata Danramil.

Ini merupakan upaya preventif, terus berupaya mengingatkan kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan.

"Dengan diadakan Patroli gabungan itu diharapkan dapat meningkatkan disiplin masyarakat untuk tetap taat protokol kesehatan di tengah PPKM Darurat level 3, dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, selalu menggunakan masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan," tutupnya.