Puluhan Makam di TPU Payung Sekaki Pekanbaru Amblas

PEKANBARU - Puluhan makam yang berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Payung Sekaki, Pekanbaru amblas. Diperkirakan makam tersebut amblas lantaran diguyur hujan dengan itensitas cukup tinggi yang terjadi sejak kemarin.

Petugas makam, Abdul Aziz menjelaskan makam tersebut amblas dengan kedalaman yang bervariasi. Mulai dari 30-50 cm. "Rata-rata yang amblas makam baru. Usianya dibawah 1 bulan. Bahkan ada yang dua hari," paparnya, Sabtu (17/04/21).

Dikatakannya, selain diguyur hujan diperkirakan makam tersebut belum padat saat proses pemakaman. "Kalau dipadatkan tidak amblas, kan ada itu yang tidak amblas karena dipadatkan," tuturnya.

Saat ini perbaikan makam dilakukan sendiri oleh keluarga atau ahli waris. "Melihat kejadian ini kita minta keluarga untuk datang dan melakukan perbaikan," imbuhnya.

Sementara, Febri yang merupakan salah satu ahli waris mengatakan, amblasnya makam mertuanya yang baru 4 hari dimakamkan amblas lantaran diguyur hujan yang terjadi sejak kemarin.

"Tadi pagi habis subuh kita ke sini. Karena ada firasat dan ternyata benar. Kita sudah lakukan perbaikan dan kita padatkan takutnya hujan dan amblas lagi," katanya.

Dari pemantauan, tanah makam yang amblas tepat di liang makam tersebut. Bahkan ada juga yang kayu nisannya ikut terbawa tanah yang amblas.(rtc)