Wagubri: Oknum Penimbun Bapok Harus Ditindak Tegas

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution meminta agar Satgas Pangan agar tak segan-segan melakukan penindakan terhadap oknum pedagang distributor nakal, yang melakukan penimbunan kebutuhan bahan pokok (Bapok) masyarakat.

“Bagaimanapun harus ditindak (oknum penimbunan bapok) karena tindakan seperti itu akan mengganggu stabilitas harga pangan, sehingga membuat harga jadi tak wajar,” kata Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, di Pekanbaru, Rabu (7/4/2021).

Menurut Edy Natar, menjaga stabilitas Bapok saat Ramadhan dan Idul Fitri perlu dilakukan upaya pengawasan bersama dan menyeluruh. Mengingat dalam situasi seperti ini, lonjakan harga berpotensi terjadi.

Selain meminta kepada Satgas Pangan, Edy Natar Nasution juga mengingatkan Tim Pengendali Inflasi Daerah [TPID] se-Riau untuk menjaga komitmen mereka dalam mengendalikan inflasi yang dipicu oleh ketidakstabilan harga kebutuhan pokok masyarakat.

Menurutnya, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian serius demi stabilitas harga pangan, diantaranya memastikan jalur distribusi tetap aman tanpa hambatan.

“Apalagi di tengah pembatasan aktivitas masyarakat akibat pandemi. TPID di daerah masing-masing harus konsisten melakukan itu,” jelasnya.(*)