Monitor Pedagang Nakal, Disperindag Agendakan Sidak Pasar Ramadhan

PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, mengagendakan untuk melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar ramadhan dalam bulan suci ramadhan mendatang.

Sidak dilakukan dalam memonitoring terhadap pedagang pasar ramadhan dalam penggunaan barang-barang berbahaya. Seperti penggunaan pengawet makanan atau penggunaan barang berbahaya lainnya terhadap dagangan yang dijual pedagang.

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, dalam bulan ramadhan ini banyak pedagang dadakan yang bermunculan. Disana juga ada oknum pedagang yang menggunakan barang berbahaya dalam dagangan yang mereka jual.

"Biasanya ada saja oknum yang nakal. Supaya produk nya tahan lama di kasih pengawet, terus supaya menarik dikasih pewarna," terang Ingot, Senin (5/4).

Menurutnya, hal itu kerap ditemui pada pasar ramadhan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.

Pihaknya bakal melakukan sidak secara acak ke sejumlah pasar ramadhan guna melakukan pengawasan.

Dagangan yang dijual itu, ditegaskan Ingot, harus produk yang layak dijual oleh pedagang. Yang dimaksud layak adalah, produk tersebut legal. Kemudian kalau barang konsumsi, produk itu layak konsumsi.

Ia mengimbau pada masyarakat, telitilah sebelum membeli. Kalaupun pemerintah melakukan pengawasan, tetapi tidak akan 100 persen akan terawasi. Oleh sebab itu juga diperlukan ketelitian pembeli dalam memilih produk makanan.(*)