Polda Riau Pastikan Seluruh Petugas Pengamanan TPS Bebas Corona


PEKANBARU - Ribuan personel kepolisian akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan saat hari pencoblosan 9 Desember 2020 mendatang. Mereka disiagakan ke setiap tempat pemungutan suara (TPS) di sembilan kabupaten/kota di Riau yang menggelar Pilkada.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, mengatakan, pihaknya akan melakukan rapid test pada seluruh personel yang ditugaskan. Ini dilakukan guna mencegah adanya personel yang terinfeksi virus Corona di TPS.

"Untuk anggota pengamanan keamanan TPS, tanggal 4 dan 5 Desember ini akan dilakukan rapid test serentak di sembilan kabupaten/kota. Kemudian backup dari Polda juga akan dilaksanakan rapid test hari Sabtu dan Minggu," kata Agung.

Dia mengatakan, apabila ditemukan adanya personel yang reaktif, maka tidak akan diturunkan ke TPS, dan digantikan dengan personel lainnya.

"Ini untuk menentukan mana petugas yang bisa masuk ke TPS nantinya. Apabila ada yang reaktif akan kita ganti," ujarnya.

Seperti diinformasikan sebelumnya, selain personel pengamanan, para petugas TPS juga telah dilakukan rapid test. KPU bahkan telah mengganti petugas yang hasil rapid test-nya reaktif.  (hrc)