KPU Rokan Hilir Lantik 90 PPK untuk Pemilu Tahun 2024

Rohil - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Supriyanto melantik 90 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Rohil untuk Pemilihan Umum tahun 2024. Pelantikan dipusatkan di Gedung Misran Rais, Bagansiapiapi, Rabu (4/1/2023).

Pelantikan PPK tersebut juga dihadiri Bupati Rohil Afrizal Sintong, Wabup Rohil H Sulaiman, Komisioner KPU Riau, perwakilan Forkopimda, beberapa ketua partai politik, Camat se-Rohil, jajaran Bawaslu dan berbagai unsur lainnya.

Ketua KPU Rohil Supriyanto mengatakan, saat ini tahapan Pemilu sudah mulai padat yang dimulai pada 14 Juni 2022 lalu. Dimana tahapan verifikasi partai politik juga telah dilaksanakan pada 14 Desember 2022 dan telah ditetapkan sebanyak 18 partai peserta Pemilu.

Supriyanto menerangkan, dalam pembentukan PPP yang baru saja dilantik memiliki proses yang cukup panjang. Dimana saat dibukanya pendaftaran ada sebanyak 256 orang yang mendaftar terdiri dari 219 orang laki-laki dan 37 orang perempuan.

Dari 256 orang pendaftar tersebut, diselesaikan secara terbuka dan melewati tahapan computer asisted test (CAT) dan wawancara. Sehingga terjaring 90 orang dan dilaksanakan pelantikan.

"Ada 90 orang PPK yang kita lantik hari ini. Dimana, 90 PPK tersebut tersebar di seluruh kecamatan dan masing-masing kecamatan 5 orang," kata Supriyanto.

Kepada PPK yang telah dilantik, Supriyanto berpesan agar senantiasa menjaga integritas dan bekerja sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Sebab PPK selaku penyelenggara Pemilu memiliki beban yang sangat besar.

"Jalankan tugas sesuai tupoksi dan harus tetap menjaga integritas berlaku adil bagi peserta pemilu. Selain bekerja sesuai tupoksi juga kita bekerja dituntut untuk memenuhi target apa yang diinstruksikan oleh KPU RI," terangnya.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengingatkan kalau sumpah, janji dan pakta integritas yang telah diucapkan PPK harus ditaati. "Saya percaya para PPK mampu menjalankan tugas yang diemban sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya.

Pekerjaan berat sebut Bupati, telah menanti para penyelenggara Pemilu dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada. Bupati berharap Pemilu di Kabupaten Rohil dalam berjalan secara demokratis tanpa adanya persaingan yang tidak sehat seperti kampanye hitam dan bertarung secara sportif.

"Selaku Pemerintah kami berharap Pemilu dapat berjalan dengan aman tertib, kepada PPK yang baru dilantik kami ucapkan selamat dan kami berpesan bekerjalah sesuai aturan dan tidak membeda-bedakan," pungkasnya.(clc)

TERKAIT