Kunjungan Meningkat, Perpustakaan Soeman Hs Riau akan Dibuka Hari Libur

Perpustakaan Soeman Hs Pekanbaru, Riau

PEKANBARU - Perpustakaan Soeman Hs berencana akan membuka layanan tambahan pada Sabtu dan Ahad. Tambahan jam buka itu seiring meningkatnya jumlah kunjungan masyarakat ke pustaka wilayah tersebut.

"Inikan karena jumlah pengunjung semakin meningkat. Untuk meningkatkan pelayanan minat baca, ada rencana kita akan membuka  pada hari libur," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Kamis (29/9/22).

Dipaparkan Mimi, terhitung Agustus 2022, jumlah pengunjung ke Pustaka Soeman Hs sudah mencapai 73.162 orang, dengan berbagai latar belakang. Jumlah ini sudah termasuk kunjungan masyarakat yang melakukan secara online.

Jumlah ini disebut meningkat dibanding 2021, saat terjadi pandemi Covid-19. Yakni sebanyak 97.031 jumlah kunjungan. Namun jumlah ini seluruhnya tercatat secara online.

"Secara online itu maksudnya, dia mendaftar kemudian ambil buku, membacanya di rumah. Selama pandemi-kan tak ada kita buka," ujar Mimi

Ada pun terkait rencana membuka layanan baca Sabtu-Ahad, saat ini, regulasi dan pegawai melakukan pelayanan pada hari libur Aparatur Sipil Negara (ASN) sedang disiapkan.

"Sekarang kita siapkan aturan dan pegawai yang akan memberikan pelayanan pada Sabtu dan Ahad itu," ungkap Mimi.

Kapan dimulai, Mimi menyatakan, belum bisa memastikan. Namun Pustaka akan menambah dua hari layanan membaca untuk masyarakat umum, sudah bagian dari perencanaan.

Mantan Kadiskes Riau ini, berharap dengan akan dibukanya Pustaka Soeman Hs para hari libur, akan memberikan kesempatan masyarakat, berkunjung ke pustaka. Khusus bagi keluarga bisa datang membawa anak-anaknya memanfaatkan ruang bermain untuk anak-anak yang ada di lantai dasar pustaka.

"Untuk memberi kesempatan juga warga dari luar Pekanbaru juga. Sambil berbelanja atau liburan bisa berkunjung ke pustaka. Jadi tempat kita ini bisa semacan wisata membacalah," ujar Mimi lagi.

Sebagai informasi, Pustaka Soeman Hs membuka layanan baca pada hari libur terakhir pada Maret 2020. Setelah itu, layanan baca untuk pengunjung pada Sabtu-Ahad sudah tidak ada lagi.(*)

TERKAIT