Prancis yang Ambyar Menuju Piala Dunia 2022

Prancis memetik hasil-hasil buruk menuju Piala Dunia 2022.

Jakarta - Prancis menuju Piala Dunia 2022 dengan laju buruk, alih-alih membangun momentum positif. Les Bleus cukup beruntung tak terdegradasi dari UEFA Nations League A.

Prancis menelan kekalahan pada partai teranyarnya kontra Denmark di lanjutan UEFA Nations League A. Gol Kasper Dolberg dan Andreas Skov Olsen memastikan Kylian Mbappe dkk takluk 0-2.

Skuad besutan Didier Deschamps itu cukup beruntung tak harus turun ke Liga B UEFA Nations League karena Austria kalah dari Kroasia di laga lainnya. Dengan demikian Prancis menutup babak grup di posisi tiga, satu poin saja di depan Austria.

Tapi bagaimanapun juga, laju Prancis harus diakui buruk di UEFA Nations League. Mereka cuma menang sekali, dua kali imbang, dan tiga kali kalah di turnamen yang semestinya menjadi persiapan terbaik menuju Piala Dunia 2022 pada November mendatang.

Satu-satunya kemenangan dipetik atas Austria, sementara mereka kalah dua kali dari Denmark dan sekali dari Kroasia. Prancis yang bergelimang nama besar mencetak lima gol dan kebobolan tujuh kali.

Padahal sebelumnya mereka begitu perkasa dengan menyapu tujuh kemenangan beruntun dan tak terkalahkan di sembilan laga. Sedari November 2020 hingga Maret 2022, Prancis malah hanya menelan satu kekalahan dari 20 pertandingan dan memenangi 14 laga.

Opta mencatat tiga kekalahan di laga kompetitif pada 2022 sejauh ini menjadi catatan terburuk dalam satu tahun kalender, sejajar dengan 1966, 1981, 2008, dan 2010. Niscaya bukan rangkaian yang ideal untuk menatap Piala Dunia yang tinggal dua bulan lagi.(dtc)

TERKAIT