Rakerkab KONI Rohil, 6 Cabor Baru Resmi Bergabung

BAGANSIAPIAPI - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Rohil gelar Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab), Senin (13/9/2021) malam di Gedung Pertemuan H Misran Rais, Bagansiapiapi.

Rakerkab dibuka secara resmi Bupati Rohil, Afrizal Sintong dan dihadiri Plt Ketua KONI Riau, H Raja Marjohan, Asisten III Setdakab Rohil H Ali Asfar, anggota DPRD Rohil Hermawan, Plt Ketua KONI Rohil H Mukhtar Lutvie, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, SH, Kastel Kejari Rohil Abdullah dan undangan lainnya.

Selain mengesahkan rancangan peraturan dan syarat menjadi ketua umum KONI pada Musorkablub yang dilaksanakan pada Oktober mendatang, juga membentuk tim panitia penjaringan (TPP) calon ketum KONI Rohil. Selain itu, Rakerkab sekaligus mengesahkan 6 cabang olahraga (Cabor) Pengurus Kabupaten (Pengkab) menjadi anggota KONI Rohil.

6 cabor baru yang resmi bergabung di KONI Rohil yakni Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI), Persatuan Binaraga dan Fitnes Indonesia (PBFI), Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI), Persatuan Senam Indonesia (PERSANI), Ikatan Olahraga DanceSport Indonesia (IODI) dan E-Sport Indonesia (ESI).

Bupati Afrizal Sintong mengatakan, Pemkab Rohil akan mendukung penuh KONI dalam pengembangan cabor yang ada.

"Memang tahun ini anggaran untuk KONI ada pengurangan karena kondisi APBD yang menurun dan adanya repocussing," katanya.

Namun demikian, Pemkab Rohil akan berupaya memberdayakan perusahaan yang ada di Rohil untuk menjadi sponsor setiap cabang olahraga.

"Ada beberapa perusahaan yang sudah saya sampaikan dan diajak untuk menjadi sponsor. Disamping dianggarkan pemkab, sponsor juga sangat perlu," ujar Afrizal Sintong.

Dikatakan, tahun 2022 nanti anggaran KONI akan kembali ditambah agar pembinaan dapat dilakukan secara maksimal.

"Kita berharap setiap cabor nantinya bisa mengharumkan nama daerah, dan kita (Pemkab) senantiasa memberikan dukungan," katanya.

Bupati berharap dalam penjaringan dan penyaringan atlet serta pelatihan harus dilakukan sebaik mungkin sehingga nantinya bisa menjadi atlet yang berbakat di Kabupaten Rohil.

Sementara itu, Plt Ketua KONI Rohil, H Mukhtar Lutvie menyampaikan kalau saat ini cabor yang ada di KONI Rohil berjumlah 32 Pengkab Cabor.

"Sebelum rakerkab cabor yang bergabung di KONI hanya 32 cabor, dan hari ini ada penambahan 6 cabor sehingga berjumlah 32 cabor," ungkapnya.

Sementara itu, Plt Ketua KONI Riau, H Raja Marjohan menyampaikan kalau olahraga selain membuat tubuh sehat juga mampu menghindari anak-anak kita dari kejahatan seperti penyalahgunaan narkoba dan lainnya.

"Insaallah olahraga mampu menghindari anak kita dari berbuat kejahatan," tutupnya.(hrc)