Overpass Tol Pekanbaru-Bangkinang Rampung, Jalan Bangkinang-Petapahan Kembali Dibuka

BANGKINANG - Overpass Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang rampung. Ruas Jalan Raya Bangkinang-Petapahan di Desa Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang kembali dibuka, Selasa (17/8/2021).

Ruas yang menghubungkan Bangkinang Kota dengan Tapung ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto (CSS).

Pembukaan ini usai mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 secara virtual.

Overpass ini berada di Sta 39+948. Jalan ini ditutup selama pengerjaan ruas tol di bawahnya.

Lalu, PT. Hutama Karya Infrastruktur (HKI) membangun jalan sementara di sebelah overpass.

"Kita bangun jalan sementara dengan kualitas bintang lima. Rigid. Difungsikan selama empat bulan," ungkap Engineering Manager PT. HKI, Muhammad Razi kepada Tribunpekanbaru.com.
Overpass Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang rampung. Ruas Jalan Raya Bangkinang-Petapahan di Desa Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang kembali dibuka, Selasa (17/8/2021).

Razi mendampingi Bupati CSS membuka ruas itu. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kampar, Azwan dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Kominfosandi) Kampar, Yuricho Efril juga hadir, seperti yang dilansir dari tribunpekanbaru.

Selanjutnya, Razi mengatakan, jalan sementara itu akan dibongkar untuk melanjutkan pengerjaan jalan tol yang tembus ke Provinsi Sumatera Barat tersebut.

Pada pembukaan kembali ruas Bangkinang-Petapahan itu, CSS sempat menyapa pengguna jalan.

Ia melambai-lambaikan tangannya kepada masyarakat yang melintas.

"Hari ini kita buka lagi jalannya ya ibu. Semoga selamat sampai tujuan. Bagaimana sampai perasaannya, ibu?," katanya kepada seorang wanita yang kebetulan lewat.

"Senanglah ya pak. Sudah dibuka. Semoga bermanfaat," jawab wanita yang membawa seorang veteran di sampingnya.

Pada kesempatan itu, CSS menyatakan Pemkab Kampar komit mendukung pembangunan jalan tol.

Terutama dalam usaha pembebasan lahan masyarakat.

CSS berharap, pembangunan Tol Pekanbaru-Bangkinang (Pekbang) bisa rampung dalam waktu dekat ini.

Sehingga lebih cepat memberi manfaat bagi masyarakat.

"Dengan adanya Tol Pekanbaru-Bangkinang, pusat-pusat perekonomian yang baru akan terbuka," kata CSS.

Razi menimpali pernyataan Bupati Catur. Ia mengaku, proses pembebasan lahan di Kampar termasuk paling cepat. Pembebasan lahan dimulai tahun 2020, sekarang bahkan pembangunan Seksi 1 Pekanbaru-Padang sepanjang 40 kilometer ini sudah akan rampung.

"Kampar bisa jadi role model sinergisitas pemerintah daerah dengan proyek pembangunan jalan tol," tandas Razi. *