Hadiri Peringatan Nuzul Quran, Pj Bupati Inhu Serahkan Bantuan Alquran ke Masjid Ar-Rahman

INHU - Peringatan Nuzulul Quran yang merupakan peristiwa awal turunnya Alqran yang diperingati setiap 17 Ramadan, untuk tahun 1442 H/2021 M ini di Kabupaten Inhu dilaksanakan di lima Masjid, yaitu Masjid Raya Ar-Rahman Rengat, Masjid Al Ikhlas Rengat, Masjid Mukhlisin Rengat, Masjid Nurul Huda Pematang Reba, dan Masjid Ar Rahman  Kecamatan Lirik, Rabu (28/4/2021).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Chairul Riski di Masjid Raya Ar-Rahman rengat menyampaikan, peringatan Nuzul Quran ini, merupakan wujud rasa syukur sekaligus sebagai bentuk silaturahmi antara Pemerintah Daerah bersama masyarakat.

"Atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Daerah saya turut mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga di bulan Ramadan tahun ini, dapat kita jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan nilai-nilai ibadah serta keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT", ucapnya.

Acara peringatan Nuzulul Quran ini memiliki nilai dan makna yakni sebagai perekat kebersamaan pasca pelaksanaan pemungutan suara ulang di Pilkada Inhu beberapa waktu lalu. Pj bupati juga berterimakasih kepada semua kalangan karena telah berpartisipasi dan ikut menyukseskan Pilkada Inhu sehingga berjalan adil, aman dan damai.

Selain itu, berkaitan dengan kondisi pandemi yang masih berlanjut, Pemkab Inhu akan terus berkomitmen menekan laju penyebaran Covid-19 di Inhu. Melihat indeks penyebaran Covid yang meningkat, Pj bupati kembali mengingatkan masyarakat untuk menunaikan ibadah sesuai dengan panduan pelaksanaan ibadah di bulan Ramadan yang tertuang pada Surat Edaran Bupati Inhu Nomor 71 Tahun 2021.

Kemudian beliau menerangkan bahwa angka terkonfirmasi positif Covid-19 pada bulan April 2021 di Inhu sangat tinggi. Untuk itu beliau menegaskan kepada seluruh masyarakat Inhu agar terus mematuhi protokol kesehatan serta tidak melakukan mudik Lebaran Tahun 2021.

"Kami mohon maaf apabila nanti bapak/ibu sekalian yang melaksanakan mudik lebaran terpaksa harus putar balik arah, karena Kabupaten Inhu sudah menyiapkan 4 titik pos-pos razia bagi masyarakat yang melakukan mudik Lebaran tahun 2021. Di antaranya perbatasan Inhu-Inhil di Kecamatan Kuala Cenaku, perbatasan Inhu-Jambi di Kecamatan Batang Gansal, perbatasan Inhu-Kuansing di Kecamatan Peranap dan perbatasan Inhu-Pelalawan di Kecamatan Lirik", tutupnya.

Selanjutnya Pj Bupati Inhu Chairul Riski atas nama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu memberikan Bantuan berupa Al-Quran untuk Masjid Raya Ar-Rahman sebanyak 25 Al-Quran yang di terima oleh Ketua Umum Masjid Raya Ar-Rahman Drs H Dirwan Johan, MSi.

Untuk masjid-masjid lainnya Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu juga menyerahkan bantuan Al-Quran ke pengurus masjid setempat seperti di Masjid Al Ikhlas Rengat yang diserahkan secara simbolis oleh Asisten Administrasi Umum Hj Erlina Wahyuningsih. Di Masjid Nurul Huda Rengat Bantuan Al-Quran diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Dukcapil Inhu Saiful Bahri, SSos.

Untuk Masjid Ar-Rahman Desa Lirik Area Kecamatan Lirik bantuan Al-Quran diserahkan secara simbolis oleh Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan  H. Syahrudin S.Sos. MT, dalam kesempatan ini di Masjid Ar-Rahman Kecamatan Lirik juga diserahkan zakat konsumtif oleh Baznaz Kabupaten Indragiri Hulu.(hrc)