Disimpan di Suhu 2-8 Derajat Celcius, 1800 Vaksin Sinovac Tiba di Pelalawan

PELALAWAN - Disambut dan diterima langsung Forkompinda Pelalawan, 1.800 dosis vaksin Sinovac tiba di Kabupaten Pelalawan sekitar pukul 12.30 WIB, Selasa (12/1/2021).

Vaksin Sinovac yang dibungkus dalam kardus besar itu setelah ditandatangani serah terima oleh Kadiskes Pelalawan, Asril SKM, MKes, dari perwakilan Diskes Riau, Jazuli, langsung disimpan di dalam peti es di UPTD Instalansi Farmasi Pelalawan.

"Untuk suhu di dalam peti es ini yang kita gunakan adalah suhu standar yakni antara 2-8 derajat celcius. Sampai nanti digunakan, suhu itu harus tetap di antara angka itu," kata Perwakilan Diskes Riau, Jazuli, pada media ini, Selasa (12/1/2021).

Kadiskes Pelalawan, Asril SKM, MKes, ditanya soal vaksin Sinovac yang baru tiba di Pelalawan ini menjelaskan bahwa vaksin yang tiba ini sebanyak 1.800 dosis, melebihi dari jumlah sebelumnya. Jumlah ini sebagai bentuk antisipasi dalam pemberian vaksin nanti.

"Nanti vaksin Sinovac ini akan kita sebarkan ke Puskesmas-puskesmas yang ada di daerah ini, sesuai dengan dosisnya," katanya.

Lanjutnya, untuk penyuntikan tahap pertama akan dulakukan di Puskesmas Pangkalankerinci Berseri, yang ditujukan bagi pejabat publik. Di antaranya Kapolres, Kepala Kejari, Kepala PN, Waka I DPRD, Pabung Kodim KPR, Kakan Kemenag, Kadis kesehatan, Direktur RSUD, KTU RSUD dan perwakilan Satpol PP.

"10 nama sudah menyatakan bersedia dan memenuhi seluruh unsur kriteria untuk disuntik vaksin sinovac yang akan mulai dilakukan pada tanggal 14 Januari 2021 mendatang bertempat di Puskesmas 1 Pangkalan Kerinci,” katanya.(hrc)