Tingkatkan Keahlian Warga Desa, Pemprov Riau Terapkan Program MTU

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) saat ini menerapkan program Mobile Training Unit (MTU), untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat di pedesaan.

Kepala Disnakertrans Riau, H Jonli mengungkapkan, program MTU ini telah diterapkan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Karena, BLK Rohul merupakan binaan dari Disnakertrans Riau.

"Porgram MTU ini, kita turun langsung ke kelurahan atau ke desa-desa dengan menggunakan mobil. Lalu, kita memberikan pelatihan kerja kepada masyarakat di Aula Kelurahan atau Kantor Desa," kata Jonli, Senin (11/1/21).

Jonli menjelaskan, instruktur atau pengajar yang memberikan pelatihan kepada masyarakat itu telah memiliki sertifikasi dan profesional di bidangnya masing-masing. Sehingga tidak perlu diragukan kemampuan dan pengalaman para pengajar tersebut.

Dipaparkan Jonli, adapun pelatihan kerja yang diberikan kepada masyarakat itu beragam sesuai kebutuhan masyarakat. Mulai dari sektor pertanian, wiraswasta, pariwisata dan bidang lainnya.

"Misalnya, pelatihan menjahit, perbengkelan, tata boga, tanaman hidroponik dan sebagainya. Semua pelatihan itu kita berikan gratis kepada masyarakat," paparnya.

Jonli berharap, dengan adanya pelatihan itu masyarakat dapat mandiri dan memiliki skill untuk mampu membuka atau mengembangkan usahanya. Selain itu, menambah kualitas masyarakat sehingga mampu bersaing dalam memperoleh kesempatan kerja.

"Kalau masyarakat telah memiliki skill pelatihan kerja ini, tentu mereka mampu untuk menciptakan lahan pekerjaan sendiri. Sehingga masyarakat desa akan sejahtera dan tidak ada lagi yang menganggur,"harap Jonli.(*)