Belum Terapkan PSBB, Riau Lebih Fokus Pelaksanaan Vaksin Covid-19

PEKANBARU - Sampai saat ini, Riau belum berencana untuk melakukan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), melainkan fokus terhadap pelaksanaan vaksin Covid-19 sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution, Senin (11/1/2021).

"Untuk saat ini kita belum ada rencana terapkan PSBB. Walaupun begitu, seluruh daerah di Provinsi Riau wajib untuk mengetatkan protokol kesehatan (Prokes) sesuai dengan imbauan yang telah disampaikan sebelumnya. Seperti menerapkan 4M (Mencuci Tangan, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan)," ucap Wagubri.

"Sekarang memang sebagian daerah di Indonesia, seperti di DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Jawa Timur (Jatim) hingga Bali kembali melaksanakan PSBB karena adanya peningkatan penyebaran Covid-19. Untuk di Riau kita perketat protokol kesehatan yang harus dilakukan oleh seluruh daerah dengan tegas," ucapnya.

Saat ini, sebut Wagubri, Pemprov Riau fokus pada perencanaan penggunaan vaksin sesuai arahan dari Presiden RI dan Mendagri yang akan dilaksanakan pada 13 Januari 2021.

Untuk daerah, Presiden RI juga meminta atau mengharapkan pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara serentak satu hari setelah pusat, yaitu tanggal 14-15 Januari 2021.

"Makanya sekarang, kita tengah menunggu izin dari BPOM guna pelaksanaan vaksinasi di daerah," tuturnya.(hrc)