Jelang Nataru, Legislatif Minta Pemko Pekanbaru Cari Cara Ampuh Redam Gejolak Harga

Ilustrasi harga sembako diprediksi naik jelang natal dan tahun baru

PEKANBARU - Momen natal dan tahun baru 2023 diyakini akan berdampak pada kenaikan harga. Legislatif meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru agar mencari cara jitu untuk meredamnya.

Pasalnya saat ini masyarakat Kota Pekanbaru mulai mengeluhkan harga beberapa komoditi yang mulai naik. Pengaruh harga ini disebabkan karena meningkatnya kebutuhan masyarakat dan ketersediaan bahan pokok.

"Menjelang Natal ini dinas terkait harus rajin melakukan kordinasi dengan stakeholder yang ada agar kenaikan harga pokok tidak meningkat tajam," ungkap Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi, Senin (5/12/2022).

Politisi PKS ini juga menyebutkan pemerintah jangan sampai tidak tahu jika terjadi kenaikan harga bahan pokok.

"Ini yang harus dikuatkan, jangan sampai kebijakan harga meningkat sementara pemerintah tidak tahu," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri meminta Pemko dalam hal ini Disketapang untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Guna memastikan ketersediaan pangan di Pekanbaru aman hingga awal Tahun 2023 mendatang.

"Disketapang dan Disperindag harus saling berkoordinasi dan pastikan kepada pihak-pihak terkait seperti Bulog. Terkait ketersediaan barang untuk kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi," sebutnya.

Azwendi juga meminta Pemko memastikan distribusi barang dari daerah-daerah tetangga tidak ada masalah. Sehingga tidak mempengaruhi harga kebutuhan dipasaran.

"Pemko harus pastikan kebutuhan masyarakat yang selama ini bergantung dengan daerah pemasok tersalurkan dengan baik," pungkas Azwendi.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Pekanbaru, Zainal Arifin meminta Pemko segera melakukan operasi pasar. Ini sebagai salah satu upaya untuk menekan harga sembako agar tidak terus naik.

"Agar harga sembako tidak semakin liar, maka harus ada upaya dari pemerintah untuk menahan itu. Jangan sudah melambung tinggi baru bergerak. Kalau anggaran memungkinkan ya segera  lakukan operasi pasar," singkat Zainal.

Sebelumnya Pemko Pekanbaru mengupayakan agar bahan pokok tak naik saat Natal dan Tahun Baru (Nataru). Karena, persediaan bahan pokok tertentu tersedia hingga akhir Januari 2023.

"Saya sudah cek stok beras dan gula cukup hingga Januari di Bulog. Kami upayakan agar tidak kenaikan harga bahan pokok saat Nataru," kata Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.(hrc)

TERKAIT