CPNS Lulusan IPDN Diharapkan Bisa Laksanakan Tugas Sesuai Kompetensi

PEKANBARU - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan berharap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini diharapkan bisa melaksanakan tugas dengan baik sesuai kompetensi masing - masing.

Hal ini disampaikannya pada saat menghadiri silaturahmi bersama CPNS lulusan IPDN angkatan XXIX asal pendaftaran Provinsi Riau di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Rabu (03/08/2022)

"Kita harap anak - anak ini bisa menjadi panutan dan menjadi pengganti kita di pemerintahan nantinya," harapnya.

Ia menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk bersilaturahmi dan pengembalian para CPNS lulusan IPDN angkatan XXIX oleh Kemendagri yang diwakilkan Pemprov Riau kepada orang tua.

"Selaku peserta didik, tentu proses pendidikan ananda semua telah berakhir di IPDN dan selanjutnya menjadi seorang ASN yang pada tahapannya akan melaksanakan orientasi tugas di lingkungan Pemprov Riau dan kabupaten/kota se - Riau," ujar Ikhwan.

Pihaknya menyatakan, pada 28 Juli 2022 telah diwisuda sebanyak 1.992 Praja utama oleh Rektor IPDN di Jatinangor yang selanjutnya dilantik menjadi Pamong Praja muda oleh Wakil Presiden pada 2 Agustus 2022.

"Dari 1.992 lulusan IPDN angkatan XXIX terdapat 50 orang merupakan putra - putri terbaik asal pendaftaran Riau yang telah melaksanakan dan menyelesaikan pendidikannya dengan baik di IPDN," katanya.

Sebagai informasi, adapun dari 50 orang tersebut berasal dari kabupaten/kota di Riau yaitu, Kota Pekanbaru 29 orang, Kota Dumai 6 orang, Kabupaten Kampar 7 orang, Kabupaten Pelalawan 1 orang, Kabupaten Siak 1 orang, Kabupaten Kuansing 2 orang, Kabupaten Inhil 1 orang, Kabupaten Rohul 1 orang dan Kabupaten Rohil 2 orang.

Ia juga mengungkapkan dari 50 lulusan IPDN angkatan XXIX terdapat 9 orang yang mengikuti proses seleksi program beasiswa LPDP untuk melanjutkan pendidikan keluar negeri.

"Alhamdulillah 9 orang telah lulus dalam seleksi program beasiswa LPDP pendidikan keluar negeri dan sesuai arahan dari pihak IPDN mereka sementara tidak dipulangkan guna mengikuti beberapa pembekalan persiapan mengikuti proses seleksi selanjutnya," ungkap Ikhwan.

Selain itu, Ikhwan menerangkan secara keseluruhan angkatan XXIX asal pendaftaran Riau ini dapat melaksanakan dan menyelesaikan pendidikannya dengan baik dan tepat waktu sehingga jumlah pada saat awal pendidikan di Tahun 2018 sampai selesai tetap berjumlah 50 orang.

Lanjutnya, dari 50 orang CPNS lulusan IPDN ini akan melaksanakan orientasi tugas di lingkungan Pemprov Riau juga kabupaten/kota di Riau. namun untuk 9 orang yang mengikuti program beasiswa LPDP ini karena prosesnya sedang berjalan dan untuk memudahkan fasilitasi oleh pihak IPDN menetapkan mereka di Kampus IPDN Jatinangor.

"Jadi, dari 50 orang yang kita kirim alhamdulillah pulangnya juga sama. Selain itu, Riau ini merupakan provinsi terbanyak jumlah yang lulus LPDP. Awalnya ada 13 orang yang lulus tapi 3 orang gugur tinggal 9 orang," lanjutnya.

Pihaknya berharap para yang lulus LPDP bisa mengikuti seleksi selanjutnya dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

"Semoga mereka bisa berkembang lebih baik lagi dan yang sudah lulus LPDP ini tidak minta balik ke Riau lagi karena kita berharap adanya peningkatan dari diri sendiri," pinta Ikhwan.(*)

TERKAIT