Buntut Pemulangan UAS oleh Singapura, Massa Berunjuk Rasa Sebut UAS Aset Riau

Aksi di depan Tugu Pahlawan Pekanbaru

Pekanbaru – Dampak dari pemulangan UAS Sejumlah massa yang masuk dan tergabung dalam Sahabat Ustaz Abdul Somad menggelar aksi di Pekanbaru, Riau. Aksi dilakukan karena kecewa dengan perlakuan Singapura yang menolak ustaz asal Riau tersebut.

Aksi dilakukan di Tugu Perjuangan tepat depan rumah dinas Gubernur Riau. Ada juga massa menggelar aksi di depan Tugu Zapin atau depan kantor Gubernur Riau sejak siang tadi.

"Hari ini kami menggelar aksi damai untuk membela guru Ustaz Abdul Somad (UAS). Yang kami rasa diperlakukan tidak baik, diperlakukan tidak sebagaimana mestinya oleh negara tetangga kita Singapura," ucap koordinator aksi, Ahmad Jais saat ditemui di lokasi, Jumat (17/5/2022).

Aksi dilakukan karena massa aksi kecewa dengan Singapura yang menolak UAS saat berkunjung. Bahkan, UAS dinilai diusir dari negara tetangga tersebut karena tak boleh masuk.

"Beliau berkunjung ke sana dan diusir, maknanya tidak dipersilahkan masuk. Dari klarifikasi beliau, sebenarnya beliau sudah melewati imigrasi. Kemudian dipanggil kembali dan tanpa penjelasan apa-apa dimasukkan dalam ruangan yang sempit," kata Jais.

Masa juga tak terima dengan alasan Singapura yang menyebut UAS radikal dan ekstreme. Apalagi, UAS merupakan aset bagi masyarakat Riau.

"Beliau adalah aset bagi negara kita, aset bagi Riau. Kalau kita ke luar Riau ditanya dari mana? Dari Riau, maka orang sebut UAS," katanya.

Setelah menyampaikan orasinya, massa membubarkan diri. Namun massa minta pemerintah juga tak tinggal diam terkait persoalan yang tengah jadi perbincangan tersebut.
Sumber : detikSumut

TERKAIT