Dandim 0301/PBR Pimpin Upacara Peringati Hari Pahlawan

Memperingati hari Pahlawan Tahun 2021 dengan tema "Pahlawanku Inspirasiku", Kodim 0301/PBR melaksanakan upacara bendera. Bertindak selaku Inspektur upacara Dandim 0301/Pekanbaru Kolonel Inf Muh. Musafag, Perwira upacara Danramil 04/Lph Kapten Arh Ant

Pekanbaru, Mimbarnegeri.com - Memperingati hari Pahlawan Tahun 2021 dengan tema "Pahlawanku Inspirasiku", Kodim 0301/PBR melaksanakan upacara bendera. Bertindak selaku Inspektur upacara Dandim 0301/Pekanbaru Kolonel Inf Muh. Musafag, Perwira upacara Danramil 04/Lph Kapten Arh Antoni , Komandan upacara Kapten Arh Nirzam, S.Sos, Pembaca UUD 1945 Lettu Arh Iswandi dan Pembaca pesan - pesan pahlawan Serma Misbahudin, yang diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0301/Pekanbaru di Lapangan Apel Makodim, Jalan. Ahmad Yani No. 138, Pekanbaru, Rabu (10/11/2021).

Komandan Kodim 0301/PBR Kolonel Inf Muh. Musafag pada upacara tersebut membacakan amanat Menteri Sosial yang menyampaikan pada hari ini tanggal 10 November 2021 kita dapat bersama-sama memperingati Hari Pahlawan.

"Negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan. Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba," ucap Dandim.

Para pendiri bangsa ini menyadarinya dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air. Inilah pelajaran berharga.

"Lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan," ujarnya.

Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928.

Kita terus menggelorakan semangat gotong royong serta Persatuan dan Kesatuan Indonesia. Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, Bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar seloka: Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua.

"Kita akan buktikan pada dunia, kalau bersama kita bisa mewujudkan cita-cita para Pahlawan. Karena kita bukan bangsa lemah, yang menerima kemerdekaaan sebagai hadiah penjajah, secara bersama kita mengalahkan dan mengusir batentara terkuat dunia," ungkap Dandim.

Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan.

Semangat, tekad dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 "Pahlawanku Inspirasiku".

"Kita dan para pahlawan, tentu ingin anak-anak menjadi pemenang. untuk itu, "Tidak ada yang tidak bisa, asal kita mau atau tidak", tandasnya.

Saya mengajak seluruh warga bangsa untuk menyatukan tekad dan langkah, secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik. Semoga ALLAH SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan meridhoi kita semua dalam mewujudkan cita-cita para pahlawan.

"Kobarkan semangat, tekad, dan keyakinan para pahlawan. Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi di setiap langkah kehidupan kita," pungkas Dandim menutup pidatonya. (**/Rils)