Pemerintah Vaksinasi 433 Nakes di Pekanbaru

PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru telah melakukan vaksinasi Covid-19 Sinovac kepada 433 tenaga kesehatan. Penyuntikkan dilakukan sejak 14 Januari 2021, dimuali dari paja pejabat di Riau.

"Sebanyak 433 tenaga kesehatan (nakes) di lingkungan Pemko Pekanbaru yang telah menjalani vaksinasi Sinovac," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, Jumat (22/1).

Nakes adalah profesi prioritas yang mendapatkan vaksin di wilayah Riau bahkan di Nusantara. Sedangkan di luar nakes, terdapat juga tenaga operasional Pemerintah Kota Pekanbaru yang menjalani vaksinasi di Puskesmas Melur dan Puskesmas Langsat.

"Total ada 115 dari 136 orang yang menjalani vaksinasi hari ini. Namun  terdapat 21 orang yang tak layak disuntik vaksin. Karena mereka pernah terjangkit virus corona," jelasnya.

Zaini tidak menampik, vaksinasi di Pekanbaru berjalan lambat. Salah satu alasannya kendala di bagian administrasi.

Meski begitu, Dinkes Pekanbaru akan terus menambah nakes yang disuntik vaksin. Apalagi, vaksin Sinovac itu sudah disebarkan ke fasilitas kesehatan lainnya, terutama rumah sakit.

"Puskesmas dan para pegawai di Dinkes harus menuntaskan nakes yang layak divaksin," tegasnya.

Rizky Ganda Sitinjak, salah satu warga Pekanbaru mengaku ingin cepat mendapat bagian vaksinasi. Sebab, dia ingin kehidupannya berjalan normal tanpa rasa takut.

"Saya punya keluarga, khawatir saja kalau pulang kerja malah membawa virus corona. Mudah-mudah kami dari masyarakat umum, segera dapat giliran divaksin," kata Ganda.(*)