Jubir Satgas Covid 19 Riau Harap Pencoblosan Pilkada Terapkan Protokol Kesehatan


PEKANBARU - Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi mengatakan dalam beberapa hari kedepan akan dilaksanakan pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Yang mana di Riau sendiri juga melakukan Pilkada serentak pada 9 kabupaten/kota.

Yovi menyampaikan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau agar pelaksanaan pencoblosan terapkan protokol kesehatan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, Bawaslu, KPU supaya betul-betul protokol kesehatan waktu dilakukan saat Pilkada nantinya," katanya saat Press Conference di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Selasa (01/12/2020).

Ia mengingatkan saat pelaksanaan pemungutan suara pilkada nantinya pengaturan jarak harus diperhatikan tidak boleh berkerumun.

"Tidak boleh ada kerumunan-kerumunan yang tidak perlukan," tegasnya.

Selain itu ia mengungkapkan, penerapan protokol kesehatan saat pencoblosan memang harus tegas. Bahkan jika pada saat pencoblosan dianggap berisiko tinggi untuk terjadi transmisi penyebaran Covid-19, agar dapat dibubarkan.

"Jika perlu dibubarkan jika ada kerumunan yang berisiko tinggi penyebaran Covid-19," tutupnya.(*)