Positif Covid-19, Gubernur Syamsuar Mengeluh Sakit Usai Hadiri Rapat Paripurna DPRD Riau


PEKANBARU - Juru Bicara Satuan tugas (Satgas) Penangangan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi membenarkan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar positif Covid-19, Selasa (1/12/2020).

"Memang benar pak Gubernur positif Covid-19 setelah melakukan uji swab di salah satu rumah sakit swasta," kata Indra Yovi saat memberikan keterangan pers di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Riau.

Hasil positif ini, sebut Yovi, setelah gubernur melakukan swab kedua pada Senin (30/11/2020) kemarin. Sedangkan, uji swab yang pertama dilakukan pada Sabtu (28/11/2020) negatif.

"Setelah pak Gubernur pulang dari kunjungan kerja ke Bali dan Jakarta, pak Gubernur dan ibu (istri gubernur) dilakukan swab. Hasilnya ibu gubernur positif dan pak gubernur negatif," terangnya.

Lebih lanjut Yovi mengatakan, gubernur mulai mengeluhkan sakit sebagai gejala awal terkonfirmasi positif Covid-19 usai mengikuti rapat paripurna pengesahan APBD Riau tahun 2021, di kantor DPRD Riau, Senin (30/11/2020).

"Pak Gubernur mulai mengeluhkan tidak enak badan usia mengikuti rapat paripurna di DPRD Riau pada Senin siang," kata Yovi.

Karena merasa ada gejala, pihaknya pada sorenya menyarankan agar gubernur dilakukan swab, dan hasilnya diketahui hari ini positif Covid-19.

Yovi menyampaikan, saat ini kondisi Gubri Syamsuar stabil dikarenakan tidak memiliki keluhan yang berat. Namun demikian, untuk memastikan kondisinya tetap stabil, gubernur beserta istri saat ini menjalani perawatan di salah satu rumah sakit Pekanbaru.

"Sekitar jam 13.00 WIB tadi, pak Gubernur dan ibu dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan. Mereka ditempatkan di satu ruangan yang sama, karena dengan pertimbangan psikologis pasien lebih baik jika ada keluarga atau temannya, sehingga bisa saling mengingatkan dan menguatkan," cakapnya.(clc)