Antisipasi Kenaikan Barang Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemprov Riau akan Gelar Pasar Murah


PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Provinsi Riau akan menggelar pasar murah di Pekanbaru.

Pasar murah bertujuan untuk mengendalikan kenaikan harga barang jelang perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2020 dan menyambut Tahun Baru 2021, akibat tingginya permintaan kebutuhan barang.

"Untuk mengantisipasi kenaikan harga barang jelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2020, kita akan melakukan pasar murah di Pekanbaru," kata Kepala Disperindagkop dan UKM Provinsi Riau, Asrizal kepada wartawan.

Asrizal mengatakan, pasar murah akan dilaksanakan dengan cara distributor menjual barang kebutuhan pokok di UPT Disperindagkop dan UMKM Riau yang berada di empat lokasi.

Lokasi pertama, UPT Pusat Layanan Terpadu di Jalan Garuda, Panam, Kecamatan Tampan, pada tanggal 1 sampai 5 Desember 2020.

Lokasi kedua, UPT Diklat Koperasi di Jalan Ronggo Warsito Kecamatan Sail, dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 11 Desember 2020," ujarnya.

Lokasi ketiga, UPT Logam dan Kemasan di Jalan Hangtuah Ujung, Kecamatan Tenayan Raya, pada tanggal 12, 14-17 Desember 2020.

Lokasi keempat, Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang memerlukan perlindungan khusus di Jalan Khayangan, Kecamatan Rumbai, pada tanggal 18, 19, 21-23 Desember 2020.

Lebih lanjut Asrizal mengatakan pasar murah tersebut juga dibuka secara online. Dimana barang dapat dipesan secara kelompok melalui RT/RW setempat, pesanan diantar dengan pembayaran sistem Cash On Delivery (COD).

"Barang di pasar murah juga dapat dipesan dan dibeli secara individu dengan datang ke lokasi. Namun terlebih dahulu pembeli harus pesan melalui via WhatsApp untuk menentukan waktu kedatangan dan penjemputan barang," terangnya.

"Pasar murah online ini kita harap dapat memudahkan masyarakat. Pasar murah secara online ini menggunakan aplikasi WhatsApp dengan menghubungi kontak atas nama Dindy dengan Nomor 089521047958," cakapnya.(clc)