Masterplan Pengendalian Banjir Pekanbaru Masuki Tahap Laporan Akhir, Target Selesai Desember


PEKANBARU - Pembuatan masterplan pengendalian banjir memasuki tahap laporan akhir. Pembuatan masterplan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan banjir ini, dilelangkan kepada pihak ketiga.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, masterplan pengendalian banjir ini ditargetkan rampung akhir Desember 2020.

"Selesai akhir tahun ini. Kan sudah laporan antara kemarin, tinggal di Desember ini laporan akhir," ujar Indra Pomi, kemarin.

Menurutnya, konsultan pembuatan masterplan pengendalian banjir sendiri merupakan tim ahli berasal dari pihak akademisi. Mereka terdiri dari beberapa universitas di Riau. Mereka merancang terkait penanganan banjir di Kota Pekanbaru.

Dalam masterplan ini mereka merangkum secara keseluruhan jumlah drainase, dan anak sungai di Pekanbaru. Mereka juga menghitung jumlah drainase yang sudah tidak berfungsi.

"Dalam masterplan itu nantinya ada rekomendasi-rekomendasi. Seperti penanganan titik banjir A, nanti ada rekomendasi. Rekomendasinya ada yang dapat ditindaklanjuti dengan waktu jangka panjang, dan jangka pendek," pungkasnya. (*)