BPBD Siap Siaga Berikan Penanganan Bencana Banjir


PEKANBARU -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, kini telah siap siaga untuk memberikan penanganan bencana alam khususnya banjir mengingat saat ini Kota Bertuah mulai memasuki musim penghujan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra menyebutkan, untuk penanganan dan penyelamatan bencana pihaknya terus berkoordinasi dengan TNI, Polri, Basarnas, Satpol PP, Dinas Sosial, PUPR dan instansi teknis lainnya.

"Ini sesuai arahan bapak walikota saat memimpin apel kesiap-siagaan bencana kemarin di Kecamatan Rumbai," ungkapnya, Selasa (24/11).

"Dalam arahannya, bapak walikota menekankan tidak hanya bencana alam saja yang kita hadapi, tapi juga bencana non alam seperti covid. Jadi kita diminta untuk meningkatkan kewaspadaan," ulasnya.

Di samping itu, kata Zarman, pihaknya juga berharap pihak kecamatan dan kelurahan untuk memetakan lokasi rawan banjir di kawasan masing-masing.

Menurutnya, peta lokasi rawan bencana sangat diperlukan sehingga ketika terjadinya bencana, pihaknya bisa langsung terjun guna memberikan penanganan dan penyelamatan di lapangan.

"Untuk itu, camat dan lurah silahkan petakan daerah rawan bencana di lingkungan masing-masing," pintanya. (*)